MEMBUKA MIKA HEAD LAMP

Selamat malam kawan semua....
Lama ga nulis iseng2 bikin tulisan lagi

Reflektor merupakan salah satu komponen motor dan mobil yang berfungsi untuk memantulkan cahaya pada titik tertentu. Reflektor terbagi menjadi 2 bagian yaitu mika atau kaca dan rumah reflektor. Kedua komponen ini menyatu dengan lem dan sangat rapat. Sama halnya dengan komponen motor dan mobil lain, mika atau kaca motor dan mobil juga perlu diganti karena beberapa sebab salah satunya kaca mulai memburam, mika motor pecah, rumah reflektor tergores dan lain-lain.
Bagi sebagian orang mungkin lebih memilih menggantinya dengan cara membeli reflektor lagi dengan harga 100 ribuan. Dan bagi sebagian orang mungkin cukup dengan mengganti mika lampu atau rumah reflektor saja dengan harga 30 ribuan. Bagi kamu yang ingin mengganti kaca atau mika motor tentu halnya hal yang paling sulit adalah membuka atau memisahkan mika dengan rumah reflektornya. Kali ini saya membagi sedikit tips bagaimana membuka reflektor atau memisahkan mika lampu dengan rumah reflektor.
Ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk membuka mika atau kaca lampu depan motor salah satunya akan saya bahas pada tutorial berikut.


1. Membuka mika menggunakan heat gun.
Heat gun merupakan alat yang dapat menghasilkan udara panas yang keluar pada ujungnya. Heat gun sebenarnnya alat yang digunakan untuk melelehkan lem padat sehingga lem dapat digunakan. Penggunaan heat gun biasanya untuk mengelem kerajinan parcel.
Cara membuka mika dengan menggunakan heat gun sangat mudah. Hidupkan heat gun dan arahkan udara panas pada sela-sela reflektor atau lem, sehingga lem menjadi lunak dan mudah untuk dibuka. Jika sudah lunak, kamu perlu bantuan obeng min atau alat lain yang sekiranya dapat mencongkel mika keluar lebih bagus menggunakan sendoj. Hati-hati ketika mencongkel ya, sehingga mika tidak pecah atau rumah reflektor tidak tergores. Hal ini juga butuh kesabaran sehingga pengerjaan menjadi rapi.
Membukan mika dengan bantuan heat gun sangat disarankan.

2. Membuka mika menggunakan hair dryer.
Opsi yang kedua, kamu dapat menggunakan hair dryer. Proses dan fungsinya sama dengan heat gun yaitu melunakkan lem agar mika mudah dipisahkan. Membuka refletor menggunakan hair dryer cukup lama dibandingkan menggunakan heat gun. Karena hawa atau udara panas yang dikeluarkan hair dryer tidak fokus pada satu titik.

3. Membuka mika menggunakan air panas.
Cara ini paling murah dan mudah untuk digunakan. Caranya masukkan reflektor motor kedalam air yang masih panas, harus air panas ya, kalo airnya anget juga belum bisa dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Jangan takut reflektor meleleh, sebab reflektor dapat bertahan pada suhu 200 derajat celcius.
Jika dirasa lem sudah lunak, angkat reflektor dan congkel mika dengan hati-hati.
  Sekian postingan saya kali ini semoga bisa membantu kawan2 semua yang ingin membongkar sendiri mika Headlampnya.

  Salam Z1Rider

Comments

Popular posts from this blog

MEMASANG SAKLAR PADA LAMPU UTAMA JUPITER Z1

MENAMBAL BAN TUBLES PAKE POWER GLUE